Rabu, 08 Maret 2017

Membangun Relasi Bisnis


 Membangun Relasi Bisnis


Assalamuaallaikum wr. wb
Disini saya akan menceritakan pengalaman saya berinteraksi dengan orang lain, khususnya pada orang yang baru pertama kali saya kenal. Pada dasarnya interaksi dengan orang lain merupakan kebutuhan mendasar dalam hidup manusia karena latar belakang manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, baik itu dalam penyediaan pangan,sandang ataupun kebutuhan lainya.

Saya akan menceritakan pengalaman saya membangun sebuah relasi bisnis dengan orang lain. Pada awalnya saya mencari sebuah toko untuk dapat bekerja sama dengan saya tentang bisnis yang saya geluti bersama rekan saya. Toko demi toko saya datangi dan saya tawarkan untuk dapat bekerja sama dengan saya mengenai pemasaran produk kami. Kami pada dasarnya menyasar toko perlengkapan outdoor karena bisnis yang saya geluti adalah bisnis gelang yang benbahan dasar tali paracord. Banyak sekali rintangan yang kami hadapi dalam membangun komunikasi bisnis ini, mulai dari ketidak percayaan orang akan produk kami, kualitas dari produk kami, bahkan sampai menanyakan ijin usaha yang baru kami rintis ini. Tetapi hal itu tidak menjadi patah semangat bagi kami untuk membangun relasi baik untuk kelancaran usaha kami.

Pada akhirnya ada salah satu toko perlengkapan outdoor di daerah Gejayan yang kami lihat prospek untuk di ajak bekerja sama. Kami pun langsung mendatangi toko tersebut dan langsung menemui owner dari toko tersebut. Disana saya bercerita panjang lebar mengenai bisnis yang saya geluti dan sedikit sharing dengan owner toko tersebut yang pada dasarnya beliau juga merintis usahanya sejak di bangku perkuliahan. Maka dari itu ini menjadi peluang bagi kami karena beliau menerima untuk kami stok tokonya dengan gelang yang kami produksi. Bagi meraka keuntungan mendapatkan variasi barang baru yaitu berupa gelang guna menambah koleksi barang di toko mereka dan mendapat bagi hasil dari penjualan produk tersebut. Dan keuntungan di pihak kami yaitu kami di perbolehkan men stok gelang kami setiap bulanya di toko mereka dan bisa mempromosikan produk kami dari toko meraka.
Selang beberapa bulan, kerja sama diantara kita semakin baik dan permintaan juga semakin meningkat. Alhasil owner toko outdoor tersebut meminta tambahan stok dan meminta kita untuk men stok barang di toko cabang mereka yang tidak jauh dari toko pertama didaerah Gejayan.

Pada intinya "Jika kita membangun relasi baik dengan orang lain, maka banyak pula keuntungan yang akan kita dapatkan".

Terimakasih

Wassalamuallaikum wr wb
  
By : Ahmad Noval Farid - 20140220183

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

ISO 14000 dan Perannya dalam Standarisasi Pertanian Ramah Lingkungan

A.     Gambaran Umum ISO 14000 ISO atau  International Organization For Standartization  yang berkedudukan di Jenewa Swiss a...